Manfaat Pisang

Pisang adalah buah yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Makanan sehat, murah, serta bergizi ini hampir dapat ditemukan dimana saja. Tapi apakah kalian tahu apa saja sebenarnya manfaat dari buah pisang tersebut?  Baiklah, untuk artikel kali ini saya akan mencoba menguraikan beberapa khasiat buah pisang.


1.       Sebagai Penambah Daya Ingat

Penelitian dilakukan terhadap 200 siswa di Inggris yang sedang melakukan ujian. Mereka di beri pisang di pagi hari, ketika istirahat, dan di siang harinya. Hasilnya anak-anak yang ikut dalam penelitian ini lebih mudah menyelesaikan soal-soal ujian dibanding murid-murid lain. Buah kaya kalium ini ternyata dipercaya dapat memacu kemampuan daya ingat.

2.       Mengatasi Anemia

Anemia secara umum berarti anemia zat gizi besi :kurang darah” merupakan istilah awam untuk menyebabkan kondisi akibat rendahnya kadar Hemoglobin (Hb) darah ini.  Gejalanya: wajah pucat, lemah-letih-lesu-lelah, mudah pingsan.

Zat besi merupakan bahan penting pembentuk hemoglobin (butir-butir darah merah). Pisang merupakan buah paling berlimpah zat besi sekaligus juga mudah diserap tubuh yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi anemia. Kandungan zat besinya mampu merangsang produksi hemoglobun darah.

3.       Depresi dan Stress

Depresi (stress berat) mereda setelah kita menyantap pisang. Pisang kaya asam amino triptofan, yang di dalam tubuh diubah menjadi serotonin, zat yang dapat memperbaiki suasana hati (mood), membuat kita rileks dan lebih tenang. Simpanan vitamin B nya juga dapat membantu mengontrol sistem syaraf.

Ketika kita stress, metabolisme kita meningkat, sehingga menguras simpanan kalium. Salah satu akibatnya, detak jantung menjadi kurang beraturan. Menyantap pisang yang berlimpah kalium akan menormalkan detak jantung, memperlancar pengiriman oksigen ke otak, dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

4.       Hipertensi dan Stroke

Pisang sangat kaya kalium peredam hipertensi dan stroke, dengan kandungan natrium sangat rendah. Hasil penelitian menyebutkan bahwa menyantap pisang setiap hari dapat memangkas resiko meninggal akibar stroke gingga 40%.

5.       Kegemukan Gara-Gara Ngemil

Dalam satu hasil penelitian terhadap 5000 pasien kegemukan di rumah sakit di Austria disebutkan sebagian besar gara-gara stres akibat pekerjaan bertumpuk dengan jadwal penyelesaian yang ketat. Kondisi ini membuat mereka menghibur diri dengan ngemil, terutama coklat dan keripik. Padahal keinginan ngemil itu dapat diredam dengan mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Caranya makanlah pisang setiap 2 jam sekali. Selamat mencoba J

6.       Nyeri Lambung

Ketika merasakan nyeri lambung, coba makan pisang. Kandungan antasid alaminya membanyu mengurangi produksi asam lambung, meredakan nyeri, mengurangi tukak (iritasi) dengan cara melapisi dinding lambung.

7.       Syndrom Pramenstruasi

Lupakan obat-obatan anti depresi, makanlah pisang. Kandungan vitamin B6 nya merangsang stabilitas kadar gula darah, yang menjadikan suasana hati menjadi lebih nyaman. Semua jenis pisang berkhasiat seperti diatas. Pisang dimakan dalam keadaan segar, tanpa direbus ataupun digoreng. Pisang emas dapat menyembuhkan sakit kuning, dengan memakan pisang mas secara rutin, maka penyakit kuning anda akan berkurang.

Demikianlah beberapa khasiat serta kegunaan buah pisang. Ternyata buah yang murah meriah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu dengan memakan pisang dapat mengurangi rasa lapar. Jadi jika Anda sedang menghemat uang jajan, ga ada salahnya bekal pisang di tas anda .hahahahaha (just kidding J )

2 thoughts on “Manfaat Pisang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s