Clindamycin Obat Ampuh Untuk Jerawat

clindamycin 300mgClindamycin termasuk golongan obat antibiotik yang biasa digunakan untuk infeksi bakteri anaerob (bakteri yang bisa hidup tanpa oksigen). Clindamycin termasuk dalam kategori B yang menunjukkan pada hewan penelitian tidak ada risiko pada janin.

Clindamycin digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Clindamycin bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Clindamycin hanya untuk mengatasi infeksi bakteri dan bukan untuk infeksi virus (virus influenza, dll).

Penggunaan yang tidak perlu dapat menyebabkan efektivitasnya menurun (resistensi). Obat ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makan terlebih dahulu.

Bagi kalian yang sedang membaca artikel ini mungkin lagi bermasalah sama yang namanya “JERAWAT” .. iya kan ? hehe

Saya juga dulu banyak jerawat (sampe sekarang juga kadang masih suka muncul sih T.T ) .Dulu saat wajah saya penuh dengan jerawat, ada seorang teman di kampus memberi tau saya untuk minum clindamycin 300 mg (sehari minum 2x) .Harganya ga terlalu mahal sih, sekitar 10-12 ribu/strip (10 biji).

Tapi emang benar, setelah mengkonsumsi selama 3 minggu rutin, jerawat saya perlahan mulai menghilang dan ga tumbuh lagi. Yang harus di ingat untuk minum obat ini, Anda harus rutin meminumnya setiap 12 jam sekali (misalnya Anda minum jam 6 pagi, maka Anda harus meminumnya jam 6 sore ) .

Bagi yang ingin jerawatnya segera kempes karena darurat (misalnya mau pemotretan atau ketemu kecengan .hahaha #ngaco) Anda bisa membuka kapsul clindamycin dan campur dengan beberapa tetes air lalu tempelkan di tempat yg berjerawat. Rasanya seperti pake masker, membuat kulit sedikit tertarik namun hasilnya jerawat bisa langsung kering dan kempes .

sekian infonya, semoga bermanfaat dan bisa membantu🙂

rekan-rekan yang terhormat, menanggapi banyak komen di blog saya mengenai clindamycin, mohon kepada semuanya yang membaca harap mengkonsultasikan pengkonsumsian obat tersebut dulu kepada dokter karena setiap orang pasti memiliki reaksi yang berbeda. ada yang cocok dan ada juga yang tidak. Maaf jika ada yang merasa di rugikan, karena ini hanya pengalaman pribadi saya yang saya share. Wasalam🙂

190 thoughts on “Clindamycin Obat Ampuh Untuk Jerawat

  1. permisi ya numpang tanya..
    memang manjur ya mbak semisal clindamycin nya di olesin di jerawatnya?? mbak nya pernah coba lngsung?

    • saya juga di kasih tau temen cara itu, nyoba.nyoba eh ternyata cocok ..
      abis waktu itu urgent sih, jd ngambil jalan pintas biar jerawatnya kempes .hehe

      dulu saya sendiri pernah nyobain, tp alhamdulilah sekarang udh jarang soalnya jerawatnya udh jarang muncul ..
      semoga infonya dapat membantu ya😀

    • Hay mbaa Say. Aku baru minum udh dua hari clindamycinny. Bagus sih jerawat jd Kempes padahal baru 3x minumnya. Tapi kenapa jadi timbul keputihan ya miss v terasa gatel say . Km gt ga kemarin waktu minum ? Emang sih jerawat jd Kempes tapi Kalau jd keputihan aku jd khawatir juga. Info dong. Soalnya aku kan ga pernah jerawatan Makanya males banget pas numbuh satu dua jerawat. Cm Kalau jd keputihan and gatel takut jg. Ada yg pernah ngalami Hal yg sama ga disini? Pakai cynda eh malah keputihan

      • klo keputihan itu biasanya di sebabkan juga oleh bakteri, nah itu keputihannya yang selama ini tersimpan di miss V dikeluarkan, alias di bersihin sama clindamycin itu say

        tapi perlu di ingat, clindamycin itu sebenarnya gk bagus di pakai dalam waktu jangka panjang, maksimal 1-2 bulan aja. kalau mau lebih lama dari itu ada baiknya konsultasikan ke dokter dulu yah

      • Mbak witherhy, maaf kalau menyanggah tp argumen mbak kurang tepat. Sy mahasiswa kedokteran dan sdh belajar mengenai hal itu.
        Mbak chikaaa, keputihan mbak disebabkan oleh jamur. Sebab dgn konsumsi clindamycyn kita membunuh bakteri flora normal yg ada di vagina, akibatnya jamur tumbuh subur karena tidak ada pengontrolnya. Sebaiknya mbak konsultasi ke dokter untuk solusi yg lebih baik.
        Semoga bermanfaat. Salam

  2. wah klo obat minum takut, ada salep OPICLAM clindamycin lohh under 20k, mau coba ah😀 , gelny bening, dingin gt..

  3. aq jg ngalami jerawat byk bgt merah” gitu,udh ke dokter kulit dikasi clindamicyn tp 1 hari 1x.udah ilang sih…tpi masih ada bekasnya byk merah” ada yg item gitu.ada yg tau gak obat apa yg bisa cepet ilangin bekas jerawat tpi yg aman…yg tau kasi info yach…darurat nih mau wisuda malu bekas jerawatan

  4. Mba, mau nnya, smga diread and sgera dibalas😦

    Mba mke clindacimin atas resep dokter?
    Apa harus 12 jam sekali bkan 6 jam? Kbnyakan di thread yg ku baca mnyarankan 6 jam sekali.
    Apa selama 1 bulan baik2 aja, kan efek samping pemakaian antibiotik itu ngeri ><
    Apa lambung mba tidak brmasalah?
    Tlg, ak jga hrus mngkonsumsi obat trsbt untuk 1 bulan, tpi ak galau😥

    • saya pake clindamycin atas saran temen, kebetulan mamah temen saya itu apoteker .. dulu pas saya minumobat ini alhamdulilah ga ada efek sampingnya ..

      • Ikut komentar jga.. Aq lgi nyoba minum clindamycin tpi wrna ny biru 300mg,,itu msih sma ga ya ?
        Bru mnum 3hri tpi blm ada perubahan,trs ga ada efek samping ko slma 3hri ini. Itu gimana ya bls !

      • sama aja sist, itu cuma warna kapsulnya aja .tapi kalau ga salah kalau warna biru itu yang 150 mg .hhee (gpp sih intinya sama aja)

        efeknya emang belum kerasa, aku aja dulu minum 2 minggu belum ada perubahan. tapi setelah 3 mingguan (hampir sebulan) terus berhenti minum sampe sekarang kerasa ko efeknya. jerawat jadi jarang muncul ..
        tetap bersabar, semua butuh waktu😀

  5. masa qte minum clindamycin alergi deh..
    tp dtngan aj dket pergelangan,merah” bentol tp gak gatel bgt..
    tmn jg ada yg gtu sih,minum obat ini pda merah” gtu badan’y..

    • ohh, mungkin mba/mas alergi sm obat clindamycin .. kan setiap orng berbeda tingkat kekebalan tubuhnya ..
      saya sarankan konsultasikan dulu ke dokter🙂

    • saya kurang tau, tp pengalaman saya clindamycin bisa di mimun baik sesudah/sebelum makan ..
      untuk info lebih lengkap tanya ke dokter langsung aja ya mba/mas .terima kasih😀

  6. saya sedang mengkonsusmsi clindamycin 300mg untuk mengobati jerawat saya, apakah boleh minumnya tidak teratur misalnya pagi di minum jam 8.30 malam diminum jam 8.00??? karna saya sangat sulit klw minum harus tepat waktu… terima kasih tolong informasinya..

    • gpp sih, cuma kalau bisa waktunya jangan terlalu jauh. kalau telat sampe 1 jam masih bisa di tolerir ko ..
      dulu juga saya malah sering telat sampe 2 jam .hhehe

      • Terima kasih Mbak Dwi atas informasinya…. selain Clindamycin 300mg, obat jerawat yang untuk dioles diwajah pake apa ya?? biar jerawatnya cepet ilang… terima kasih tolong informasinya….

      • sama.sama .. selain clindamycin dulu saya pernah nyoba sari ayu mukjizat tolak jerawat. bentuknya cair berwana kuning (bisa googling sendiri. hehe) ..
        obat itu bikin jerawat matang, di olesin setiap mau tidur ..
        sabar ya, ngurus jerawat emng bikin stres. semoga lekas musnah jerawatnya .. hehe

  7. Hallooo salam kenal🙂
    Saran saya, kalau bermasalah dengan lambung/maagh (saya gastritis akut) bisa coba krim/salep clyndaminic. Harganya 30rb-an dan awet utk 6 bulan jika memang jerawatnya membandel. Dosisnya sekali sehari setiap hari sampai jerawat kempes/bersih. Hentikan pemakaian jika tidak perlu. Itu saran dari dhermatologist saya. Semoga info saya berguna ya?!😉
    Mampir ke blog saya jika berkenan :p
    Blog gado2 sih, hahahaha….
    Maaf buat empunya blog ini, bukan maksud saya menggurui loh, nice article, keep up the sharing!😀

    • terima kasih mba sarannya .semoga bermanfaat buat saya dan yg lainnya🙂
      salam kenal😀

  8. Aku ada denger cara ngilangin jerawat pake citra hazeline yang ditambah bubuk clindamycin.
    Dosisnya berapa? Ada yg tau?
    Trus itu clindamycin yg berapa mg? Yg tau yang tau🙂

      • aduhh, banyak banget ya yg pake obat itu .. semoga aman dan jerawatnya cepat hilang yaa mantemannn🙂

      • Info dong mbak. Hasil pencampuran hazeline dg clindamycin it mmg jd sedikit ada air ny y mbak??? Sy cmpur 1/2 isi hazelin dg 2 kapsul clyndamycin (baru coba).

        Trus kalo d saya efekny itu bekas jerawat yg td ny msh merah d totolin lg sm pencampuran d atas menjadii jerawat kembali tp lgsg matang berisi. Bgitu jg dg cikal bakal yg mau jd jerawat lgsg d matenginny. Mbak gtu jg??

        Trimakasih. Slm knl.

  9. Sist aku laki laki , jerwatku banyak kali , merah ,bsar ,gtu , klok tumbuh cpat dan banyak , dulu sekitar sebulan lalu udah sembuh sih , di resepin pakek citra hazeline campur ntah apa gtu , citranya yang lasting cool snow , setelah jadi warnany orange gtu mbak ? Klok gk salah ada vitamin c jeruknya gtu mbak , mbak tau gk resepnya , tolonglah mbak aku cocoknya cuman sama itu , udah pakekclindamycin gk bisa , pkek mukjizat tolak jerawat malah , nanah gtu , jawab ya mbak?????:(😦😦

    • aduh mas, saya kurang tau tentang obat citra hazeline yg mas pakai .. mas belinya dimana ?
      tapi aneh juga ya, kesannya jadi ketergantungan obat itu .. saran saya coba konsultasikan dulu ke dokter tentang obat yg mas pakai ..
      maaf saya ga bisa membantu banyak .terima kasih telah mampir di blog saya😀

      • Say.. Aku mau tanya. Dlu Muka ku mulus bersih bgt setelah coba facial jd numbuh jerawat, trs aku suntik di dokter eh malah jd bolong Gitu. Nah skrg jerawat masih nimbul satu dua, aku mau cobain clindamycin 300 mg baru kemarin nieh minum dua x Sehari tiap 6 jam sekali. Cm kulit aku Kayaknya jd kering ya trs sekitar idung juga kering bgt. Rencananya aku awal Bulan mau konsul ke dr dewi inong di rs permata cibubur Katanya itu dokter bagus emang khusus buat jerawat dn bs buat nutup lubang bekas jerawat Gitu. Cm antrenya parah bgt say

    • Saya sih juga make yg kaya gtcu mas,,, citra hazeline nx saya campur dengan ctm, b.kompleks dan vit c. Setelah jadi warnanya orange… Sdah hmpir 1 blan sayap pakai alhmdulillh nyaman aja sih. Tpi saya gk tau ya apa itu jga yg mas pakai dulu.

    • Yaudah mass kaloo mau ilangin jerawat entod aku aja mas. Semalem 200 kokk kalo ampe pagi 500 di jamin saya aka hisap tu kontol ampe layuh, :*

    • Pk masker spiriluna aja bgs, ak jerawat parah jd ilang n kempes n mudar. Rajin² pake pasti bersih. Sy jual, mau? 😁 081285026227 hub ksitu

    • aku biasanya pake pelembab sari ayu putih langsat .. tp baru.baru ini “sedikit centil” nyobain pake cream siang + malam dari wardah .hehehe
      cream siangnya aku jadiin pelembab sebelum pake foundation, alhamdulilah cocok😀

      • maaf kak perbedaan clindamycin 150 mg dgn yg 300 mg ap ya saya minum yg 150 kak ap kalau minum yg 300 mg jerawatnya bisa lthere is no peaceebih cepat sembuh dibanding yg 150 mg

  10. kira2 saat tidak memakai obat/ salep dari clindamycin ada pengaruh ga????
    oh iya jenis clindamycin baiknya yg brpa mg?

    • kalau saya sih sejauh ini paling kulit menjadi sedikit kering, jadi wajib banget pake pelembab ..
      saya kurang tau bagusnya yg berapa mg, cm kemarin saya minumnya yg 300 mg .hehe

  11. mbak saya sudah minum clindamycin 1 bulan tapi jerawat saya masih terus tumbuh…. Jerawatnya hilang tumbuh lg, hilang tumbuh lg …… ada obat yg lebih manjur gak?? tolong infonya terima kasih…

    • aduh mbak, jgn terlalu sering mengkonsumsi clindamycin juga .takut ada efek buruk buat tubuh ..
      mungkin jerawatnya dari pola hidup/makan mba,
      kalau memang sulit sembuh coba konsultasikan dulu ke dokter😀

  12. Mba belinya dimana?
    Diapotik2 terdekat ada gak?
    Aku orang banjarnegara tapi lagi PKL dipurwokerto jateng
    kira2 yang jualan clindamicyn dimana yah?
    Kalo bisa yang krim, terus khasiatnya sama gak mba?
    Tolong ya mba

    • di apotik mana aja pasti ada clindamycin ko mba .

      kalau mba takut ga cocok sama obat yg di minum. cobain sama clindamycin salep .itu juga ada d apotik koo kalau ga salah harganya 17 ribuan😀
      tapi saya sendiri belum pernah nyoba, soalnya alhamdulilah jerawatnya udah kempes tinggal bekasnya .hehe
      insyaalah khasiatnya sama aja🙂

  13. nice info sis🙂
    enak yaa bisa cocok >,<
    aku juga coba clinda buat jerawat, tapi beberapa hari pakai timbul ruam merah dan gatal di beberapa bagian tubuh, ternyata alergi -,-
    saran aja untuk pembaca, hati hati kalau konsumsi antibiotik, mungkin bisa konsultasi dokter juga ya karena ngga tau juga alergi terhadap obat tersebut atau tidak, serta kalau penggunaannya tidak tepat malah mengakibatkan resistensi bakterinya, ngga jadi sembuh deh nanti🙂
    salaaam🙂

    • Mba saya pake clindamycin pil yang kata dikeluarkan isinya dan d kasi air trus di olesin di muka ..
      Tapi kok muka saya jadi merah ya mbk apa itu efek nya , entar merah nya bsa hilang gak ?
      Muka saya ketarik tarik juga nii mbak
      Tolong saran nya mbak 🙂

  14. saya lg brobat di dokter dan dikasih obat clindamycin 300 mg.saya penasaran ini obat untuk apa,dan dapat info deh mlalui blog ini.tp alhmdulillah..,banyak kemajuan stlah brobat.slain clindamycin,saya juga dikasih Dexamethasone 0,5 mg,saya cari di google,trnyata itu obat anti alergi.buat sharing aja sama teman2.hehe..,obat ini harus dikonsumsi rutin 2 kali shari dan perhatikan pola makan.jangan makan yg brminyak,kacang,pedas,lemak. ada juga sih krim-krim dan sabun pencuci wajah dr dokter. semoga bermanfaat ya..,:-D

    • Aku baru minum itu kemarin dan aku jg badannya merah n gatel. Kamu waktu itu ngilangin gatelnya bagaimana? Tolonh infonya ya terimakasih

  15. mbak, nyakin salep it bsa menghilangkan flek ntan, akuh dah cpek menghlgkan flek htm nhe brbgai apa aja. nhe buat malu ma tman.

    • Haiiii thx mba Dwi Lestari… Blog mu bikin aku jadi nambah info soal clindamycin… Seminggu berlibur ke luar kota & makan segala macam bikin jerawat pada berebut nongol diwajah saya wah menyebalkan. Lalu saya ke dokter kulit trus jerawat saya yg membandel disuntik-suntik trus diksh obat minum clindamycin 300mg & diksh krim utk dioles tiap malam sampai sembuh. Hslnya pd koit semua jerawat menyebalkan. Utk perawatan setiap hari selanjutnya saya pakai krim pagi & malam tanpa bedak & wajah lbh smooth. Gak seperti dulu saya biasa pakai foundation & bedak wajah berasa tebal & yg pasti lbh menghemat waktu heeheh

  16. jerawat aku jga udh parah neh,yg 1 kmpes tmbuh lg yg baru..aku bingung mesti d apakan lg,aku pgn coba clindamycin tp liat efek ny takut jga ya😦 kira2 pmakaian clindamycin brapa blan ya mba ?
    apa jgn lewat dr 1 blan?atau mgkn smpy jrwat nya pd hlangg..share y mba🙂

    • kalau saya waktu itu 1 bulan, emang dalam satu minggu ga terlalu berasa efeknya .. tapi setelah satu bulan jerawat jadi jarang muncul .
      akhir-akhir ini juga jerawat saya meradang lagi, tapi saya males minum clyndamicin, takut jadi ketergantungan juga .akhirnya nyoba beli latulip lotion total acne, pake itu jerawat jadi kering terus kempes. tapi bekasnya itu masih suka ada. jadi item .geregetan >.<

      • Iya mbak dwi sy jg mnun clindamycin yg 300mg d kasih ama dokter kulit sy utk d konsumsi 2x sehari. Mmg efek stlh mmnum obtnya rada pait d mulut. Mbak gt jg gk?
        Skrg sy konsum hmpr 2 bln di kombinasi dg pemakaian obat salep totol jrawat dr dokterny yg ngefek jerawat jd lbh cpt matang kluar isi tnp prl d pencet(bkn kempes). Setelah kluar isi tinggallah ni muka berbekas merah dan lama2 menghitam. Tp jerawat tak kunjung ilang ttp aja mencari tmpt lain utk tumbuh.

        Krn ngeliat respon d blog dan bbrp sumber lain jd sy cobain pake citra hazelin d racik sm clyndamicin 300mg 4 butir,obat yg d makan jg ttp sy lanjutkan. nah skrg htungan 4 hr pemakaian. Alhamdulillah muka ga mnunjukkan alergi sm citra hazeline tp prosesny sama dg obat salep t dokter. Dia bikin jerawat lbh cpt matang. *sama aja tp ga tau kalo bbrp minggu kedepan*

        Ilangin bekas item2ny jrawat mbak tau ga apa yg hrs d pake?

  17. Mbak Dwi, saya lg sakit gigi dan disarankan temen saya untuk minum clindamycin 300mg. Saya baca disini kok rata2 buat jerawat, apakah clindamycin bisa untuk sakit gigi? Trm’s

    • maaf sebelumnya didun, karena saya bukan dokter jadi saya ga bisa merekomendasikannya.
      saran saya mending kalau sakit gigi biasanya minum ponstan atau antalgin, itu obat yang biasa diminum ketika bapak saya sakit gigi.
      segeralah berobat ke dokter gigi, takutnya kalau di diamkan bisa semakin parah ..

  18. mbak,, kalo CLINDAMYCIN OPICALM salep untuk jerawat yang masih merah ampuh ga ?
    apa harus di barengin minum yang CLINDAMYCIN kapsul 300 mg ??😀
    balas ya mbak

    • aduh saya belum pernah nyoba salepnya sih ya, di apotek masih susah nyarinya .
      saran saya cobain pake salepnya aja dulu, kalau manjur ga usah minum clindamycin.
      eh, beli dimana salepnya? review in dong😀

  19. Di apotik terdekat kayak nya sih ada mbakk.,
    kalo untuk ngehilangin bekas jrwat menghitam pake apa ya mbaaa ? :v
    soal nya bntar 1 minggu lg mau touring ke pdang 😀
    minta rekomendasi nya ya mbaa😉

  20. mbak saya mau tanya, kok saya baca di google clindamicyn capsul 300 mg, kbanyakan untuk penyakit gangguan hati dan saluran pernafasan? saya juga pgen coba soalnya jerawat saya banyak. tp saya ragu setelah tau itu.

    • maaf sebelumnya bukan sok tau, tapi setau saya clindamicyn bukan untuk orang yang memiliki gangguan hati/saluran pernafasan. tapi jika menkonsumsi dengan dosis berlebihan dan tidak tepat akan mengakibatkan penyakit tersebut (gangguan pernafasan/gangguan hati. saya juga baca di google)
      kalau kamu ragu, mending beli salem gel clindamycin aja, jadi cuma di olesin di area yang ada jerawatnya.

  21. ka saya mau tanya itu kan saya pake clindamycin yg oles trus udh saya pakai kok setelah beberapa hari muka saya merah dan bengkak kenapa ya?

  22. Saya bru baca blog mbak tdi. Maaf mbak, bukannya saya mau memojokkan mbak, saya cm mau kasi tau, minum Clindamycin 1 bulan itu ga baik loh. Kalo mbak mau minum antibiotik, sbaiknya cukup 1 minggu. Knp? Krn ditakutkan terjadi resistensi. Apa itu resistensi? Bgini, klo dokter meresepkan suatu antibiotik slama 7 hari, itu artinya benar2 harus dihabiskan slama 7 hari, ga bole lupa minum obat. Kalo minumnya cm 3 hari, dikawatirkan bakterinya belum terbunuh tuntas, dan dapat terjadi infeksi yg kedua kalinya. Kalo mbak minumnya 1 bulan, bakteri akan mempelajari Clindamycin yg mbak minum, memperkuat diri, akhirnya jadi kebal. Suatu saat nanti, kalo mbak sakit perut, diare, pergi ke dokter, dokter meresepkan Clindamycin, Clindamycin yg mbak minum, ga akan mempan lagi.

    Kalo mau pake antibiotik, saya sarankan pakai yg topikal (salep yg cukup dioleskan) saja… Kalo buat jerawat, lebih baik pakai salep Benzolac-CL. Itu ada Clindamycinnya juga kok. Dan saya pke itu juga..Caranya cuma dioleskan di atas jerawat. Begitu mbak.

    Salam, mahasiswi kedokteran gigi yang juga meresepkan pasiennya Clindamycin.

    • Terima kasih info nya dok. Semoga bermanfaat buat yg lain juga. Maaf kalau ada kesalahan dlm penulisan artikel saya.

      Saya dl sih mengkonsumsinya, pas lg masa -masa ada jerawat. Hehe
      Maaf untuk yg lain, bukan maksud sy menjerumuskan tp itu cm pengalaman pribadi yg saya share saja.

  23. mba.
    Saya sudah minum obatnya 2 butir pada satu hari lalu.tapi kok dada saya sakit ia. Emang sih jerawatnya lngsung kering.tapi kog dada saya sakit ia mba?

  24. saya bru minum 1kapsul Tp pas pgi bdan ku merah2 bintk2 apa itu pengaruh obat tau g cocok Ea..tlng Di blz Ea..

    • sya juga minum clindamycin uda sya komsumsi selama satu minggu kaya ada yang gamjel di ulu hati klau mau mkan dan minum terasa sakit banget suda satu minggu kok belum ilang sakitx tolong dong ada yang tau gak cara hilangi sakitnya terima kasih

  25. mba ,aku mau mau berhenti pemakaian obat dokter, rencana nya si mau pake clindamicin yg di campur ke pelembab, aman gak ya mba? Tlng saranya ya mba

    • Kalo dada terasa sakit terutama saat mkn dan minum hentikan obat tsb , saya jg prnh mengalami kemudian berobat spesialis penyakit dalam kt dokternya karena kontra indikasi obt jerawat

    • Ikut share pengalaman,buat jerawat sy pake clyndamicin 300mg 2x sehari,lalu mlmnya sy olesi vitacid cream/salep 0,1%,kl jerawatnya kecil2 dan ga byk pake clyndamicin 150mg sm vitacid 0,25% aja..manjur banget jerawatnya cpt ilang.

  26. Clindamycin klo utk pemula si lebih baik yg 150mg dulu warna ijo kapsulnya ..
    Aku juga pake kok, dia ga lgsg ada efek klo pemakaian seminggu.
    Efeknya mulai kliatan klo udah mendekati 2mggu gitu deh ..
    Jerawatku meradang , merah merah .. pake clindamycin 150mg peradangan mulai tenang.

    Ada juga saran dr assisten apoteker temenku,
    Klo jerawat nya byk sekali, minum clindamycin 150mg + methil prednisolone 4mg 2×1
    insyaAllah kering
    Rutin ya setiap 12jam, krna ini antibiotik .. jgn smpe dosis di tubuh kita ga stabil🙂

    indahnya berbagi pengalaman ..

    • Skarang aku lagi minum clidamycin, alhamdulillahh ada perubahan, tpi obatku sdh habis dan jerawatq blum semuax bersih,, dan rencanax aku mw beli lagi, kira – kira gak papa klw aq berenti slama 3-5 hari baru aku minum lagi ??

  27. Terimakasih infonya
    Kebetulan saya mahasiswa kedokteran, disini saya bukan bermaksud melangkahi namun hanya ingin sharing info untuk jadi bahan pertimbangan.

    Clindamycin adalah salah satu antibiotik prototype dari golongan Macrolide
    Fungsinya untuk meghambat pertumbuhan bakteri-bakteri anaerob (bisa tumbuh dalam keadaan oksigen minimal), seperti propionibacterium acne (bakteri penyebab jerawat).

    Dari literatur yang saya baca, disini mungkin perlu diperhatikan penggunaannya. dari penulis diatas digunakan hingga 1 bulan. menurut saya perlu hati-hati, karena penggunaan clindamycin biasanya 3-7 hari (dengan indikasi dokter). bakteri anaerob juga ada yang secara normal (bakteri flora normal) juga ada di tubuh seperti di saluran penceranaan. penggunaan clindamycin dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan bakteri-bakteri baik yang normalnya ada di tubuh juga ikut terancam.
    selain itu clindamycin dimetabolisme di hati (hepar). penggunaan jangka panjang bisa memperberat aktivitas hati.
    Saran saya gunakan clindamycin dalam bentuk salep/cream yang digunakan hanya di sekitar tempat jerawat jadi tidak mengancam bakteri-bakteri normal lainnnya di dalam tubuh.

    Demikian informasinya, mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan. saran terbaik adalah mengunjungi dokter kulit terdekat😀
    terimakasih

  28. Ohy mbak memakai obt clindamycin ni Α̇̇pΩ̶̣̣̥̇̊ Ъќ ª∂a̲̅ efek samping Ώyå mbak……??

  29. Kalo mau pake clindamycin + citra hazeline dosis nya 3 smpai 4 kapsul untuk yng 150 mg. Kalo yng 300 mg cukup 2 aja. Saya pake resep itu smpai sekarang, jerawat jarang muncul..

  30. haii guys gue cuma mau berbagi sedikit.. pengalaman mau cr kerja susah krn jerawat.

    dulu gue dr kecil berjerawat, numbuh ilang numbuh numbuh ilang..begitu aja

    akhirnya gue ke dokter, gue dikasih obat clindamycin 300mg 1hr 2capsul diminum tiap 12jam selama 7hr + salep clindamycin diolesi setiap ada jerawat dan malem bersihkan pakai susu pembersih.. akhirnya muka gue bersih stlh sblnan..

    buat ilangin fleknya, rajin2 facial + peeling di dokter kecantikan..

    udah gitu aja, dan jalani pantangan makanan dan hidup sehat..

    by. david jay

    • Pengalaman sya ke dokter mmg dberi cream mlm,pagi sma sabun cuci muka trus krn jrwt d ksh obat oral clinda 1×1 sma asthin force 1×1 selama sebulan. Stelah ɪ̣̇†ʊ̈̇ peeling muka kmbali mulus,cerah,tp Gª a͡k putih kincolng. Bgtulah prwtan bkn skali syapn prnh hntikan trus krn pola hdp tdk sehat yah jrwt timbul lagi,smpat jga pindah dokter.tp yah qt pilih aman sja lah lbh baik konsultasikan ke dokter jika jrwt sdh parah..klw Gª a͡k trll bsa pake bahan2 alami..’Klw jrwt blum ckup 24 jam bsa pakai es batu d kompres pzt kempes. Klw ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ peeling alami pakai jeruk nipis aja diamkan bbrp menit bru bilas. Agak perih,gatal sma dgn peeling d dokter tp hasilx Gª a͡k kalah dri dokter aman jga. Kunyit + beras d tumbuk bru d basahi air secukupx oleskan d wajah. ɪ̣̇†ʊ̈̇ jga cara tradisonal bagus buat kulit wajah.

      • Perawatan jerawat ɪ̣̇†ʊ̈̇ mzt sabar memerlukan wkt biasax smpe 3 bln .’ Jdi jgn bru sebulan pake cream trus bilang Gª a͡k cocok trus ganti lagi. Inilah prwtan yg slh. Syapn prnh sprti ɪ̣̇†ʊ̈̇ pdhl muka udh mulus.. Tp gara2 wkt pulkam sya lpa bwa cream syapn pake cream lain alhasil muka mulusq jdi jrwt.. Jdix kmbali lagi ke dokter.mulai prwtan awal lagi. Saranq yg sdh cocok pakai cream wlpn bkn cream dokter ɪ̣̇†ʊ̈̇ aja pake krn kulit berbeda2.ada yg cocok pake cream biasa adapla yg mzt ke dokter.

      • Klw hilangin bekasx jrwt atau cacar mmg agak susah tp klw rutin bsa memudar..’ Klw jrwt udh hlg..rajin peeling brp kali sebulan minmal 5-6kali peeling sesuai anjuran dokter kmudian laser 2-3x. Tp bgtulah cntik ɪ̣̇†ʊ̈̇ mahal. Mka rawatlah wajah anda dgn sebaik2x..’ Pilih alami boleh kimiapn bleh asal tdk brlebihan dan sesuai anjuran yg tlh d berikan. No mercury pzt!! Craem abal2 palsu bxk jdi cermatlah memilih. Jdi tertipu testi2…’

  31. Saya jg minum clindamicyn udah 3minggu ini.bisa dibilang jerawat saya parah,tumbuh di seluruh wajah,nyeri dan gatal gatal,muka kering dan hitam.saya minum clindamicyn yg 300.sya pke clindamicyn yg gel.untuk pembersih mukanya ak pakai garnier (+pelembabnya).alhamdulillah jerawat saya sudah berkurang dastis.wajah sya jd bersih,putih dan ga kering lg

  32. saya takut minum obat obat kayak gituan , bukanya apa2 ? soalnya saya punya penyakit maag ? lagian juga udah pake macam2 obat gak kunjung sembuh

  33. minum interdoxin 100 1 kapsul malam hari, sama intidrol 16,, 2 kali shari,,pagi dan siang,,sminggu aja kiatan hasilnya..

  34. Mbak aku udah pake 2mingguan ada perubahan tapi masih belum sembuh juga , kalo lanjut trus kira kira makanya sampe berapa bulan biar jerawatnya ilang

  35. Perkenalkan nama sya bunda faza,,sy lgi konsumsi clindamysin..tpi setiap sy minum kenapa yAa perut saya terasa penuh/bega..mohon dbls..makasih.

    • Dear temen-temen blog readers yg baik,

      Penulis blog ini hanya sharing mengenai pengalamannya. Konsumsi antibiotik kan seperto obat lainnya, cocok cocokkan. Dan tergantung dengan kondisi masing-masing.
      Penulis selama mengkonsumsi clindamycin baik-baik saja tanpa efek samping, berarti ya memang cocok.
      Saya mengkonsumsi clindamycin selama 1 minggu dan alhamdulillah cocok, karena saya punya gastritis (asam lambung berlebih) maka saya cuma minum dosis 150mg 2x sehari selama seminggu. Dan alhamdulillah sejauh ini jerawat berangsur hilang.

      Penulis bukan dokter, (maaf bukan bermaksud membela penulis), hanya berbagi pengalaman yang menurut saya positif.
      Apabila ada pertanyaan seputar medis, misalnya efek obat, dosis, dll dll menurut saya kok nggak pada tempatnya ditanyakan di sini, terutama sekali yg di luar topik pembicaraan (obat clindamycin).
      Saran saya, silakan konsultasi ke dokter, karena kondisi dan daya tahan masing-masing orang terhadap obat-obatan tertentu berbeda-beda..
      Kasihan mbaknya nih, niatnya share pengalaman bagus malah jadi dipojokkan dan disalah-salahin..

      Salam.

  36. Setuju dengan komen di atas.
    Mbaknya ini bukan dokter..cuma share pengalaman. Kalo ada yg mau nanya ttg medis yg kaitannya dg efek obat yg diminum..ya tanyanya ke dokter doong. Gemes juga baca pertanyaan2 di atas. Mbok ya sebelum nanya..apa salahnya scroll ke atas..liat2 komen sebelumnya. Ini threat kan panjang banget..siapa tau pertanyaan yg ditanya sdh ada jawabannya di atas, atau paling ga kita dapat info lainnya.
    Jadilah blogger yang BIJAK!!

  37. kalo menurut aku itu tergantung cok”an deh bagi yang ada alergi atau gmna gitu sebaiknya jgn di minum deh, beli aja salap nya ada kok, maksih ya buat mbak dwi yg udh share pengalamannya :))

  38. jangan sedikit sedikit minum antibiotik karena tubuh akan menjadi resisten terhadap antibiotik jenis tersebut sehingga antibiotik ini sudah tdk bisa digunakan lagi kalo kita terkena infeksi

  39. Citra haselin di campur ctm, dexametason, chlorampenikol, dan vit c juga bagus kok mba untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan muka

    Saya baru pakai setengah citra haselin dan hasilnya bagus
    Tidak ada jerrawat dan kulit muka cerah

  40. punya pengalaman juga tentang jerawat sampe skrg , saya juga punya baru 1 bulan ini saya disaranin pakai mediklyn Tr warna ungu , alhamdulillah cocok ada perubahan n harganya terjangkau 46rb an , semoga bermanfaat🙂

  41. Mbak Dwi…terimakasih byk nih, bbrp waktu lalu sy jerawatan bgt krn stress. Trs dy baca postingan mbak yg ini. Stlh sy coba konsumsi CLD300mg manjur bgt skrg udh ilang jerewinya. Paling tumbuh 1-2 kalau mau dtg bulan. Mksh ya mbaa nice posting! ^^

    • Mbk sy jga pke CLM bru2 ne,sy jrang berjrawat mbk,lau ada krja lap bru berjerawat mbk,kmaren ada tman sy ngash tau cb pke produk ini,tp kok wjah sy sdkit glap dri dr yg biasana mbk,apa it efek permulaanx ea mbk.

  42. Yup clindamycin bgus n ampuh
    cukup campur stgh clindamycin sama krim mlam,trus pke pas mu tidur
    dijamin jerawat kabuuuur
    aq dah buktiin 3 thun

    • Km diolesin atau di minum? Aku minum cynda 300 mg baru dua hari nieh cm aku ngerasa kayak keputihan deh say. Miss v ku jd ngerasa gatel . Tapi emang bener jerawat jd Kempes . Tapi kan disatu sisi aku jd takut Kalau jd keputihan . Makanya aku mau hentikan dlu deh . Rencana awal Bulan April aku mau konsul ke dokter dewi inong Katanya dia emang dr specialist menangani jerawat dn buat ilangin bekas2 jerawat gt . Thx ya

    • aku masih dlm proses penyembuhan kulit kr kulit wajah saya tiba2 biduran bis berhenti pake krim nafa grien jrwatan kaya monster huhuhu …… terus q ke dokter kulit q dresepin antibiotik sama methyprednisol la obat itu dh abis mua alhmdllah jrwt q dh mendingan paling kalo malm agak gatel q minum CTM Siang a q minum teh hijau sama vit C …..

  43. Hay mbaa Say. Aku baru minum udh dua hari clindamycinny. Bagus sih jerawat jd Kempes padahal baru 3x minumnya. Tapi kenapa jadi timbul keputihan ya miss v terasa gatel say . Km gt ga kemarin waktu minum ? Emang sih jerawat jd Kempes tapi Kalau jd keputihan aku jd khawatir juga. Info dong. Soalnya aku kan ga pernah jerawatan Makanya males banget pas numbuh satu dua jerawat. Cm Kalau jd keputihan and gatel takut jg. Ada yg pernah ngalami Hal yg sama ga disini? Pakai cynda eh malah keputihan

  44. Saya berjerawat dan pake cream Kawai, isinya krim siang malam, pencuci, dan toner. 2 bulan udh mulus, bersih, dan cerah. Kl temen2 mau bisa kontak saya ya di whatsapp 082219190412. Harga produknya 250rb 1 paket.

    • mba saya mau nnya dong, tolong d bls ya, saya jrawatan dan skrg d jrawat saya saya olesin clindamycin 300 udah 2 hari ini saya olesin tiap mlm, tapi kok d muka saya malah timbul jrawat2 baru ya? itu detox apa gak cocok ya? tolong info nya mba, trimakash

  45. maaf kak perbedaan clindamycin 150 mg dgn yg 300 mg ap ya saya minum yg 150 kak ap kalau minum yg 300 mg jerawatnya bisa lthere is no peaceebih cepat sembuh dibanding yg 150 mg

  46. maaf kak perbedaan clindamycin 150 mg dgn yg 300 mg ap ya saya minum yg 150 kak ap kalau minum yg 300 mg jerawatnya bisa cepat sembuh dibanding yg 150 mg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s