Wisata Alam di Daerah Bandung (recommended)

      Bandung memang terkenal dengan keindahan panorama alamnya, tapi kini Bandungku tak lagi senyaman dulu. Terlalu banyak “cumi-cumi” (kendaraan bermotor yang mengeluarkasn asap hitam. red). Tapi masih ada bebrapa tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi jika mampir ke bumi parahyangan ini. Saya akan sedikit memberikan beberapa refensi mengenai wisata alam yang bikin kamu ingin mengunjunginya .hahaha cekidot ..

1.  Tangkuban Perahu

Kalian masih ingat kisah dongeng sangkuriang dan dayang sumbi. Nah, banyak yang bilang kalau tangkuban perahu adalah hasil dari dongeng tersebut. Saya ga usah ngedongeng tentang mereka kan ? -,-“

Taman-Wisata-Gunung-Tangkuban-Parahu

Okeee, jadi letak Gunung tangkuban perahu ada di Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.084 meter. Disini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang keren. Namanya juga gunung, sudah pasti setiap saat udaranya sejuk banget. Karena Tangkuban perahu merupakan gunung merapi yang masih aktif sampai saat ini, maka dari dulu sudah banyak terjadi letusan yang meninggalkan kawah sisa letusannya. Saat ini Kawah-kawah tersebut sudah dijadikan tempat wisata.Kawah-kawah tersebut antara lain Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan kawah Ratu. Beberapa kawah mengeluarkan bau asap belerang, bahkan ada kawah yang dilarang untuk dituruni, karena bau asapnya mengandung racun.

perahu_2 tb.perahu1_ Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat wisata-tangkuban-perahu-_110901095809-718

Oh ia, di sini juga ada jalan rahasia dengan pohon yang lebat semacam hutan-hutan mini gitu lah, lumayan cape sih jalannya tapi seru. Hahaha

kawah-domas6

Tiket masuknya berkisar 20-25 ribu/orang .. tapi sewaktu-waktu bisa berubah dan selalu berubah. Aneh saya juga. hahaha -,-“

 Rute jalan untuk sampai di kawasan obyek wisata Gunung Tangkuban perahu adalah melewati pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan – lanjut ke Pasirkaliki – melewati Sukajadi – Setiabudi – Lembang lalu sampai ke lokasi Tangkubanparahu (Gerbang Atas).

2.   Maribaya

Kawasan wisata alam maribaya letaknya ngga terlalu jauh dari Tangkuban Perahu. Nah, di kawasan wisata ini kamu bisa menikmati beberapa pemandangan alam seperti air terjun, area bermain seperti kolam renang, ayunan, dll. Air di kawasan wisata ini dulu bersih, tapi akhir-akhir ini jadi coklat. JANGAN TANYA KENAPA .. hheu

P9030064

Suatu yang unik yang terdapat di Maribaya yaitu adanya sumber air panas, wisatawan dapat berendam air panas di kolam yang telah di sediakan kapanpun karena pemandian air panas di Maribaya dibuka selama 24 jam, air di kolam ini mengandung kadar mineral belerang yang tinggi lho, yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Di pemandian air panas ini selain menyediakan kolam yang di pakai bersama, ada juga kamar – kamar mandi bagi wisatawan yang ingin privasi nya tetap terjaga..

Selain ada pemandian air panas, di Maribaya terdapat beberapa air terjun seperti Curug Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang, ketiga curug tersebut bersumber dari Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari. Diantara ke tiga curug yang ada di Maribaya pengunjung biasanya bermain air di Curug Cikawari karena dasar airnya cukup dangkal sehingga tidak bahaya bermain air disekitar curug tersebut.

Selain itu harga tiketnya pun murah meriah sekitar 5 ribu/orang. Jadi ga ada salahnya kan mampir kesini🙂

maribaya-waterfall-2 maribaya bandung Maribaya

3.   Kawah Putih

Kawah putih ini merupakan Objek wisata yang berada di Bandung Selatan. Letak Kawah  Kawah Putih ada di kecamatan Ciwidey yang jaraknya  sekitar 45 km dari selatan kota Bandung. Ciwidey dikenal daearah salah satu pesona wisata di Bumi Parahyangan, yang memiliki udara sejuk , berkabut, panorama yang indah dan penduduk nya ..yang sangat ramah ^^/

17-08-09_1317

Kawah putih ini adalah merupakan kawah dari Gunung Patuha yang berketinggian 2.434 m dari permungkaan laut, kawah putih itu sendiri berada pada ketinggian 2.194 m dari permungkaan laut. Selain kawah putih ini masih ada lagi satu kawah yang terletak di puncak gunung Patuha yang dikenal dengan nama Kawah Saat.

Kedua kawah ini terbentuk saat letusan yang terjadi pada abad ke X dan XII. Dari kedua kawah itu yang indah untuk dikunjungi adalah Kawah Putih, saat memasuki areal kawah putih kita akan disambut oleh bau belerang yang menyengat hidung, bentuk kawah putih mirip sebuah danau yang dikeliingi oleh dinding bukit berbatu yang sangat terjal namun dari arah masuk ke kawah ini agak landai sehingga kita bisa menyentuh air kawah yang mengandung belerang.
Warna air kawah berubah – ubah tergantung pada kandungan mineralnya saat itu. Kadang – kadang danau ini memutih seperti ditutupi salju, tapi terkadang juga berwarna hijau kebiru – biruan. Suasana di sekitar kawah ini sangat tenang dan hening serta panoramanya membuat pengujung tak henti – hentinya mengabadikan keindahan kawah ini lewat kamera mereka.

ciwidey-1117-08-09_1225

Nah, kalau kamu kesini jangan aneh liat orang pake baju pengantin. Mereka bukan lagi syuting tapi lagi prawedding *envy* fufufufufu T.T

kawah putih (8)

Harga tiket masuknya sekitar 30-35 ribu/orang. Kenapa mahallllll? Karena pas abis kamu masuk gerbang, kamu langsung di angkut angkutan umum yang nganter jemput kamu sampai ke kawahnya. Padahal dulu kendaraan pribadi boleh kok nyampe atas. Yaaa kebijakan baru kali yaa *positif thingking* -,-“

 Pokonya kalau mau ke sini kalian bisa keluar dari tol kopo langsung ke arah soreang lalu ciwidey. Atau kalau mau naik angkot, kalian bisa ke terminal leuwi panjang dulu terus naik bis jurusan ciwidey lalu dari terminal ciwedey kalian akan naik angkot jurusan situ patenggang.

 

4.  Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Selain itu, jarak dari Kawah Putih ke Situ Patenggang ga jauh, sekitar 10 menit.

situ-patenggang_gal_31

Di tepi danau, tersedia perahu-perahu dengan warna-warna yang terang siap mengantarkan kamu dan keluarga menjelajahi lebih jauh danau ini. Harganya relative, makanya kalian harus jago nawar biar makin murah. SKSD sama si emang nya dan kalau bisa pake bahasa sunda biar akrab *trik jitu* .hahahaha

2787475707_dc96b80dc2_z

Jika kamu ga mau terlalu jauh dari tepi pantai, bisa menggowes sepeda air. Atau dengan sekedar duduk-duduk menikmati ketenangan air danau di tempat-tempat yang telah disediakan sambil makan timbel itu jauh lebih nikmat guys. haha

2552860

Nahhhh, kalau kamu nyewa perahu, kamu  bisa mengunjungi sebuah pulau yang ada di tengah danau ini. Pulau yang tidak terlalu besar ini ditumbuhi pohon-pohon dengan daun yang rindang, jadi Anda dapat beristirahat atau tidur sejenak di pulau yang tenang ini.

Yang juga menjadi favorit di tempat ini adalah lokasi Batu Cinta. Sebuah lokasi yang berada di tengah danau dengan sebuah batu besar yang menjadi panandanya. Batu inilah yang disebut dengan Batu Cinta.

Batu Cinta berasal dari sebuah legenda Jawa Barat. Di tempat inilah Ki Santang dan Dewi Rengganis, sepasang kekasih yang harus melewati perjalanan sulit dalam percintaan mereka, akhirnya bertemu kembali di tempat ini, setelah sebelumnya terpisah. Air yang mengisi danau ini menurut mitos masyarakat Patengan berasal dari deraian air mata kedua manusia tersebut.

Itu sebabnya beberapa orang juga menyebut Situ Patenggang sebagai Situ Penganten. Kisah ini dapat Anda baca pada sebuah lukisan bergambar panorama Situ Patengan yang berada di lokasi Batu Cinta. Masyarakat setempat juga percaya bahwa jika mengunjungi Batu Cinta bersama pasangan, maka hubungan pasangan tersebut akan langgeng.

Patenggang memang sebuah danau yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mendapat berbagai cerita menarik setelah mengunjungi danau ini. Keindahan dan kesejukan alamnya, membuat Anda kembali segar.

Bandung Selatan menyimpan beberapa obyek wisata alam yang indah. Kawah Putih yang eksotis dan Situ Patenggang yang tenang dengan Batu Cinta yang melegenda di Jawa Barat. Anda dapat mengunjungi kedua wisata ini sekaligus karena letaknya yang berdekatan.

BUAT KALIAN YANG MASIH ALAY, Bisa ko nulis nama kamu sama nama pacar kamu di batu itu (kalau punya pacar itu juga) .hahaha

58463795

 

 

5.  Ranca Bali

Sebenarnya ini bukan tempat wisata resmi, Cuma kalau kalian habis dari kawah putih dan hendak menuju situ patenggang pasti ngelewatin tempat ini. Ranca bali itu area perkebunan teh yang sangat-sangatttt luas. Jadi intinya, ini tempat untuk foto-foto aja .hhehe

36168949

 images perkebunan-teh-rancabali2

Jangan lupa ya, sambil beli jagung bakar biar makin kece *halah -,-“

Camera 360

 

6.  Curug Tilu

Curug Tilu merupakan air terjun yang berada di area wana wisata CIC (Ciwangun Indah Camp), di daerah Parongpong, Lembang, tidak jauh dari Villa Istana Bunga.

Nama Tilu dalam bahasa sunda artinya tiga, dengan demikian nama Curug Tilu kemungkinan berasal dari jumlah tingkatan terjunan air.  Ketinggian curug ini berkisar sekitar 10 m dengan lebar sekitar 2 m.  Di bagian bawahnya terddapat kolam yang memiliki kedalaman sekitar 3m.  Di atas Curug Tilu ini ke arah bantaran hulu terdapat curug lagi yang bernama Curug Putri Layung yang ukurannya lebih kecil tapi dengan kolam alami yang cukup dalam dan luas. Selama perjalanan menuju Curug Tilu ini akan ditemui banyak curug-curug kecil yang ketinggian kurang dari 3 m.

Curug-Tilu Curug Tilu (3) (Large)

Jujur, bagi saya yang jarang olah raga, perjalanan menuju curug ini lumayan menguras stamina, selain itu kamu mesti melawati kurang lebih 5 jembatan reot dan jalan setapak yang kadang-kadang ilang jadi jalan “tanpa tapak” untuk bisa mencapai curug tersebut. yaa, itung-itung uji nyali sih ya, tapi berkesan banget lah .hhihi

SPM_A2338 SPM_A2371

Pas nyampe sana, jangan harap ada rest area. Di sana Cuma ada 2 warung kecil yang menyediakan jajanan alakadarnya. Lumayan lah, kalau laper indomie mah cukup .hahahaha

Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu/orang .

 

7.  Curug Cimahi

Jujur ya, sebenarnya saya belum pernah kesini. Soalnya dulu pas udah nyampe depan gerbang ternyata wisata ini sempat di tutup, entah apa alasannya. Kalau ga salah sih debit airnya menurun (sa’at mereun yah ceuk orang sunda mah.haha). Jadi sampe sekarang saya belum pernah nyoba kesana lagi.

Tapi jangan khawatir, menurut serita temen-temen yang udah pernah kesini, tempat ini recommended ko. Hhe

Curug atau juga Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 87 m, merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya.  Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi.  Curug ini  berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk yang unik. Sesuai namanya cimahi alias air cukup (bahasa Sunda), debit air terjun ini selalu sama, baik saat musim hujan atau pun kemarau. Tak jauh dari Curug Cimahi dapat ditemui juga Curug Bugbrug dan Curug Panganten yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Curug Cimahi ini.

Curug ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 km (sekitar 1 jam) dari kota Bandung.

curug-cimahi bandung Curug Cimahi-261

Ada beberapa alternatif jalan yang bisa dipilih untuk mencapai curug ini. Kebanyakan yang digunakan ialah jalur Cimahi melalui Cihanjuang dan Parongpong, dan jalur Lembang. Jika menggunakan kendaraan pribadi atau travel dari pusat Kota Bandung, cukup menyusuri jalur Ciheudeung menuju Cisarua.  Dan bila dari pusat kota Cimahi dapat melalui Sersan Bajuri ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke Terminal Parongpong. Lokasi Curug ini sendiri cukup mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan kondisi jalan umumnya baik (beraspal).  Pintu masuk Curug Cimahi terletak tepat di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya.

Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng.  Setelah sampai di Terminal Sukasari (di depan Vila Istana Bunga), dapat diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit  atau dapat memanfaatkan jasa angkutan umum Cisarua-Lembang dengan ongkos yang relatif murah.  Jika  dari kota Cimahi jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi-Cisarua dengan tarif berkisar Rp 5000.

Sementara jika dari Kota Bandung, bisa menggunakan angkutan jurusan St.Hall-Lembang dari Stasiun Kota, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Lembang-Cisarua, dan turun persis di depan pintu gerbang Wana Wisata Curug Cimahi. Atau juga dperjalanan dapat ditempuh menuju terminal Ledeng, dilanjutkan dengan angkutan Ledeng-Parongpong. Dari terminal dilanjutkan memakai angkutan jurusan Parongpong-Padalarang. Ongkos yang dikeluarkan berkisar Rp 10 ribu.

Selanjutnya sesampai di depan pintu gerbang wana wisata ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak berundak yang menurun dan berkelok-kelok.  Jalan setapak berundak ini (berjumlah sekitar 506 buah anak tangga) terbuat dari batu dan semen dengan kemiringan sekitar 45 derajad, sehingga cukup menguras tenaga dan membuat nafas terengah-engah.  Waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke curug ini dari pintu gerbang sekitar 30 menit.  Sepanjang perjalanan ini akan ditemui beberapa ekor monyet ekor panjang yang bergelantungan di atas pohon.

Harga tiket masuk  adalah sebesar Rp. 3000,- per orang dengan hari dan jam buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 wib.

Sumber referensi: https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-barat/curug-cimahi—bandung-barat

 

8.  Cartil (daweung)

Kalian pernah merasakan berjalan di atas awan ? kalau belum pernah cepetan deh kesini. Cartil atau caringin tilu berada di kawasan Kampung Cisayur Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Arahnya dari Terminal Cicaheum Bandung belok kiri ke Jalan Padasuka dari arah Bandung kota. Untuk  sampai di Caringin Tilu yang jaraknya sekitar 5 km dari Cicaheum kuncinya hanya satu, ikuti saja alur jalan yang berkelok dan menanjak, maka sekitar 20 menit kemudian sampailah kita di puncak tertinggi di Kecamatan Cimenyan itu. Jika kalian pernah main ke saung angklung udjo, nah dari situ tinggal lurus terus aja naik ke atas. Tapi pastikan kendaraan kalian mampu menanjaki “medan” yang cukup ekstrim .hohoho

Nah, dari tempat ini kalian akan bisa melihat betapa indahnya kota Bandung .lalalalayeyeyeye ~

Tapiiiiiiii, kalau mau ke tempat ini di usahakan jangan malam soalnya “katanya” banyak pasangan ababil yang “mesum”. Jadi kalau mau kesini mending subuh atau sore/siang .hhehe

tumblr_m0ga4mo94w1qk57dq IMG_1639 moko

 

 

Sekian review wisata alam di daerah Bandung yang bisa saya paparkan. Enjoy your holiday in Bandung ^^,,

 

13 thoughts on “Wisata Alam di Daerah Bandung (recommended)

    • satu minggu tinggal di bandung ? tergantung, gimana budget sih .hehe .. atau ikut travel aja biar praktis.
      kamu asalnya dari daerah mana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s