TIPS MENGADAPI INTERVIEW SAAT MELAMAR KERJA

Assalamualaikum ..

Heii para jobseeker ,hhiii .. saya juga baru mulai kerja nih setelah sebulan lulus sidang, padahal kemarin pas ngelamar-lamar kerjaan belum punya ijazah. Hanya bermodalkan STL dan nilai Yudicium saya mulai mencoba dunia baru yaitu sebagai “Jobseeker” hahahaha.

Saya dinyatakan lulus sidang pada tanggal 24 Oktober 2013 kemarin dan tanggal 26 nya langsung nekat ikutan Jobfair ITB di sabuga. Itu kali pertama saya ikutan jobfair, belum ada STL Cuma bermodalkan CV yang dibuat sendiri aja .hahahaha

Setelah itu saya mulai rajin buka situs semacam jobstreet.com , jobsdb.com , karir.com , loker.web.id , di twitter @indojobhunter .dan lain-lain lah (saking ngebetnya pengen kerja dan ogah lama-lama jadi pengangguran)

Nahh, mulailah ada panggilan interview dari perusahaan-perusahaan.  Pertama kalinya saya interview melamar jadi Fasilitator (secondary teacher) di lembaga pendidikan non-formal yang bergerak di bidang entrepreneur lokasinya berada di seputaran DU. Sempet kaget karena memang sebelumnya belum pernah ngalamin interview, ehh ini malah ada tes psikologi dan presentasi juga. Kebayang nervousnya kaya gimana, mana waktu itu saingannya berat semua karena berasal dari Lulusan universitas  terkemuka di Indonesia dan mereka ber-3 (waktu itu yang interview ada 4 orang termasuk saya) memang sudah memiliki pengalaman kerja, sementara saya sendiri hanya fresh graduated yang istilah kasarnya “ga ngerti apa-apa” -_-

Setelah tes tersebut, saya wawancara dengan pimpinan lembaga itu dan beliau bilang keputusannya tunggu 1 minggu (udah hopeless ga keterima dan emng pas seminggu ga ada telp. Udah fix gagal .haha)

Interview ke-2 saya yaitu di lebaga non-formal juga namun kali bergerak di bidang pelatihan kedokteran. Tenang .. tenang .. saya ngelamar jadi staff administrasi bukan jadi trainer. Mana ngerti lah saya tentang kedokteran. Hahaha

Waktu itu pesertanya ada 10 orang (8 perempuan 2 laki-laki) tesnya ga terlalu ribet. Cuma tes psikotes udah gitu langsung di wawancara sama teteh HRD nya yang super modis (beliau ngeinterview pake jeans + kaos .wkwkwk) .. setelah interview terus dia bilang keputusannya besok. Gileeeee cepet amat -__-

Ada yang aneh sih sebenernya dari interview ke-2 saya itu, karena saya lihat iklan lowongan itu di porting pada bulan Agustus. Terus saya ngirim email, 2 jam kemudian di telf. Lalu besok paginya pas saya ngisi daftar tamu interview ga sengaja saya lihat bahwa tiap hari itu ada orang yang interview dan pemikiran saya masa sih dari 3 bulan itu ga ada 1pun orang yang masuk kriteria perusahaan?  Yaudahlah ga mau su’uzon juga .hhii

Duhhhh, ko malah ngedongeng yah padahal kan judul postingan blog saya tips menghadapi interview .hahaha

Oke jadi gini ya teman-teman, ketika kalian menghadapi interview itu yang harus kalian lakukan adalah :

  1. Datang jangan tepat waktu kalau bisa 15 menit sebelum di mulai. Itu melihatkan bahwa Anda serius melamar ketempat pekerjaan itu
  2. Berpakaianlah serapih dan sesopan mungkin. Kalau wanita wajib nih bersolek sedikit, biar keliatan menarik.
  3. Cari tahu sebanyak-banyaknya perusahaan tempat kita melamar kerja. Bergerak di bidang apa, produknya apa, visi missnya kaya gimana biar saat wawancara kita terlihat interest dengan perusahaan tersebut dan itu adalah point utama.
  4. Saat wawancara merupakan hal yang krusial, ga jarang saya gagal di tahap ini. Yang harus kalian lakukan adalah:

– Berbicaralah dengan nada sopan, anggap interviewer sebagai dosen sharing Anda. Ungkapkan kelebihan Anda (tapi jangan narsis) dan ungkapkan juga kekurangan Anda (kalau mengungkapkan kekurangan usahakan ada solusinya)

Contoh pas saya interview : kekurangan saya yaitu conversation bahasa inggris saya masih kurang pak, namun hingga saat ini saya masih terus belajar dan berlatih.

–  Kalau di tanya gaji jangan langsung nyebutin nominal.

Contoh pas saya interview:

Interviewer : “Berapa gaji yang Anda harapkan?”

Saya       : “saya menyadari pak, saya fresh graduated yang mungkin belum terlalu berpengalaman. Untuk masalah gaji saya kembalikan kepada kebijakan perusahaan, namun yang ingin saya tekankan bahwa tolong gaji saya dilihat dari ijasah pendidikan terakhir saya. Kan tidak etis jika lulusan strata 1 di samakan dengan lulusan SMA. Terima kasih pak”

Kalau kalian punya jawaban lain ya silahkan saya, itu hanya sekilas jawaban yang selalu saya ungkapkan pada saat interview. Haha

– Biasanya perusahaan suka menjebak “Anda siap di tempatkan di luar kota?”

Saya selalu bilang siap. Kenapa ? karena itu salah satu bentuk keseriusan kita. Ya gapapa kalau di kirim ke luar kota juga, asal salary nya beda juga .hahaha

– Perusahaan suka nanya, apa kontribusi yang akan anda berikan jika di terima di perusahaan ini?

Saya sih Cuma jawab “dengan kita bekerja dengan sebaik mungkin itu pun akan memberikan kontribusi bagi perusahaan, karena dengan menjunjung tinggi sikap profesionalisme maka segala bentuk pekerjaan akan saya kerjakan dengan penuh tanggung jawab.

 

Interview kerja emang melelahkan dan belum tentu nantinya kita langsung keterima. Sabar aja, banyak kok hikmahnya dari interview itu salah satunya kita jadi punya pengalaman dan punya temen-temen baru. Hhiiii

Alhamdulilah sekarang saya sudah bekerja, walaupun tempat kerja saya buka perusahaan besar tapi jika salary cocok yaa why not? Itu perusahaan ke 5 loh yang saya datangin, sebenernya ada 2 interview lagi yang belum saya ceritakan. Mau cerita di atas takutnya keburu kalian jenuh baca curhatan saya .hahahaha

Cuma mau ngasih saran aja, Kerja itu jangan pilih-pilih, kebanyakan para pencari kerja itu pengen keterima di perusahaan yang sudan bonafit. Ga masalah sih sebenarnya tapi kalau prinsip saya sekarang yaitu fresh graduated itu kerja dimana aja asal halal. Cari pengalaman kerja dulu sebanyak-banyaknya karena kalau udah punya pengalaman lebih gampang nyari kerjanya.

Sekian dulu ya tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. Jangan putus semangat kalau belum dapat kerjaan. Allah selalu memberi yang terbaik buat kita, bukan memberi apa yang kita harapkan.

Wasalammmm🙂

4 thoughts on “TIPS MENGADAPI INTERVIEW SAAT MELAMAR KERJA

    • Test Interview itu juga ada beberapa macam kak, ada interview with HDR and interview with user .. kalau untuk interview saya sarankan bicara apa adanya, jangan grogi, percaya diri sedikit boleh lah .hahaha .
      nah kalau psikotes, tahapannya banyaaaaakkkkk banget .. intinya test psikotes itu untuk menilai diri kamu secara personal, jadi isi aja testnya sesuai kemampuan kamu.
      disarankan kalau mau ada tes psikotes, istirahatin dulu otaknya .biar fresh pas ngerjain soal psikotestnya.. semangat yaa😀
      for more info please contac me via email : dwilestariyuniawati@gmail.com
      thank you for visited my blog😀

  1. kak udah kerja dimana aja. aku udah ngelamar tapi sampe sekrang belum ada yang fix untuk sampe taken kontrak atau panggilan jdi karyawan. sejauh ini udh 4 bulan aku nganggur setelah wisuda. sedih bgt deh kak huhu😦 bagi tips buat tambah semangat lagi kak.

Tinggalkan Balasan

