SANGHYANG HEULEUT : BANDUNG RASA BELITONG, WISATA TERSEMBUNYI DI BANDUNG BARAT

Assalamualikum🙂

Kali ini saya mau review lagi tentang sebuah tempat asik di Bandung Barat yang bernuansa Belitong .hhehe .. Wisata yang kami Kunjungi yaitu, Sanghyang Heuleut *kalau bukan orang sunda pasti ribet dan susah bacanya. hahaha

Minggu, 18 Oktober 2015 saya bersama 3 orang “Jones” (hahahah) berangkat sekitar pukul 07.00 WIB dari Kawasan Kopo. Pagi itu jalanan masih lengang, sehingga kami memutuskan untuk sarapan bubur dulu *narasi ga penting #dirajam

Jadi intinya, kami berangkat dari Kopo sekitar pukul 07.30 WIB. Kami pergi menuju Padalarang, tepatnya kawasan PLTA Saguling yang jaraknya sekitar 45 Km dan memakan waktu kurang lebih 1,5 Jam perjalanan.

Screen shot 2015-10-21 at 10.22.12 AM

Maps from kopo to PLTA Saguling

Sesampainya di depan gapura PLTA Saguling, kalian hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk mencapai “House Power”.

Gapura PLTA Saguling

Gapura PLTA Saguling

Pos menuju House Power

Pos menuju House Power

Setelah sampai di House Power kalian bisa memarkirkan kendaraan di sekitar sana.

a

9839445 Power House

Nahhhh, perjalanan di mulai ..

Pertama kalian harus melewati jalan setapak untuk mencapai Sangyang Poek. Sanghyang atau sangiang merupakan sebutan buat sungai dan gua yang dianggap suci untuk daerah setempat di sekitaran danau Saguling. Gua Sanghyang Poek ini termasuk kedalam jenis gua karst, yaitu kawasan batu gamping yang telah melalui proses karstifikasi/pelarutan. Gua ini memiliki julukan poek yang diambil dari bahasa sunda yaitu pengertian dari “gelap”. Saat memasuki kedalam gua ini memang sangat gelap. Namun apabila masuk dan menggunakan alat penerang maka kamu akan menjumpai bentuk dari stalakmit dan stalaktit.

20151018_091931 20151018_093815 20151018_150508

Setelah melewati Sanghyang Poek perjalanan lanjut kembali, dengan medan bebatuan dan menelusuri aliran sungai.

2015-10-24-09-47-07-064

Tetap enjoyyy meskipun muka udah Hinyaiii ~

20151018_102413-01-01

Track yang kaya gini, di sebutnya apaaaaa ?😀😀😀

Cukup berat memang, maka dari itu saya sarankan untuk memakai sunblock agar kulit kalian tidak gosong seperti yang saya alami kemarin .hahaha .. Yang manja dan gampang lelah, mending tak perlu meneruskan perjalanan karena kalian pasti akan menggerutu sepanjang perjalanan.

20151018_102548

semangatttttt terus ladiessssss ~

page

Jalan Lintas Sungai

20151018_150452

bahuuu membahuuuuu .. harus kaya anak Pramuka .hahahaha

Jalan Lintas Hutan

Jalan Lintas Hutan

Setelah kurang lebih berjalan kaki selama 1,5 jam akhirnya kami sampai juga .. sebenarnya estimasinya kurang dari 1 jam juga kalian bisa sampai, dengan catatan tidak banyak istirahat dan tidak banyak selfie seperti kami .ahahahaha *bodo amat*

Nahhhhhh, ini dia si Sanghyang Heuleut, Bandung rasa Belitong (meskipun KW, lumayan laaahhh) .hahahaha .. tempat ini kayanya sudah mulai menyebar, terlihat dari banyaknya orang-orang .. jujur, mau ngadem aja susah😦

B612-2015-10-18-10-59-33

Udah kaya wisata ke Bonbin .. Penuhhh .hahahaha

20151018_114801

renanggggggggg enak adem ~

mukeee kaya tempeeee .. gosoong .hahaha :(

mukeee kaya tempeeee .. gosoong .hahaha😦

Masuk kesini gratis, cuma bayar parkir saja .. Bagaimana ? tertarik datang kesini ? hhaha silahkannnn sebelum menjadi tempat Mainstream dan nanti pasti ada retribusi tiket .hhihihi

Jangannnn lupa, kalau main sampahnya di bawa ya mantemannnnnn .. cintai alam, maka kalian akan di cintai alam *halaahhh

Sekian dulu yaa, sedang bingung mengetik kata-kata sayanya .. hhehe salam manis dari kami yang manis .hahahahaha *dilemparbakiakmushola

20151018_103038-01

Geng Remponggg😀😀

Tips kalau mau kesini :

  1. Bawa bekel air putih a.k.a ciherang yang banyak. kalau kuat bawa galon mah mangga wae, kalau mau nguyup (minum) air sungai juga wilujengggg .
  2. Jangan pake sepatu wedges atau heels geulissssss, pake sepatu kets atau keteplek ajah. atau sendal swalow biar enjoy ~
  3. ga usah pake make up, da mau gimanapun kalian gumelis dari rumah nantinya akan “Hinyaii pada waktunya” .aslinya ini mah :((
  4. karena disini belum ada toilet, yang beser pake pampers ajahh .sekian, wasalamm *Hidup Persib*

Dadaaaaahhhhhh, sampai berjumpa di next post🙂

Seperti Biasa jangan Lupa Follow IG saya : @dwilestariyuniawati .hehehe

Thanks for Visited my blog . Jazakumullah🙂

“A strong woman builds her own world. She is one who is wise enough to know that it will attract the man she will gladly share it with.” ― Ellen J. Barrier

2015-10-23-06-12-41-704

Be a Strong Woman guys😀

89 thoughts on “SANGHYANG HEULEUT : BANDUNG RASA BELITONG, WISATA TERSEMBUNYI DI BANDUNG BARAT

  1. Disana tempat lahir beta…
    Dibuai dibesarkan bunda…
    baru sebagian kecil aja lho itu mba…Belom yg lain lain nya..kaya goa pawon(Fosil manusia purba/karuhun sunda),gunung pabeasan,curug bedil,gunung saheng,stone garden,dan banyak lagi…
    Itu desaku..mana desamu…

  2. bolehh nih dicoba sama pada hijabers. yg sangat menyukai dunia petualangan..

    makasiih kka recomendation tempatnya 😁😁😁

  3. ini termasuk aliran sungai citarum purba bukan …. ?
    keren bener bentuk bebatuannya ….
    kalau sudah rame begini sih ,,, sebentar lagi juga ada yang narik retribusi …🙂

  4. Mantappp agan/sis jd hayang kdtu tp teu aya rencangan na nju saribuk aktivitas jd weh cukup ngahuleng jentul sabari hate mah hayang pisan kdtu,,,, hihihihi🙂

    Bagus pisan tmpt na jang ni’is mah lumayan tah jang ngilangkeun penat,, bade naros ari eta perjalanan na sabarha jm pas di PLTA saguling nepikeun ka sanghyang heuleut..

  5. asik jadi jelas tempatnya dimana kebetulan rumah juga di kopo.. thanks for the info say..
    mungkin kalau jalan pas ga hari libur ga serame yang di foto yah, jadi bisa lebih leluasa buat selfi2 disetiap sudut hahahaha

  6. Sangat indah sekali..
    Semuanya adalah ciptaan Tuhan..
    Alangkah bijaksananya jika saudari sahabat tidak menyebutkan lokasi tersebut KW….
    Karena setiap lokasi yg saudari kunjungi,bukan berarti yang terbaik,terhebat,layaknya seperti Bali yangsaudari bandingkan…
    Mohon maaf ..dengan koment saya..
    Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s